Ahlan Wa Sahlan



KB-TK YAA BUNAYYA
PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA

A.      FILOSOFI
Sistem pendidikan yang tepat pada anak usia pra sekolah akan sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian hingga dewasa kelak. Anak adalah individu yang unik. Setiap anak memiliki kebutuhan akan minat, tahap perkembangan, dan gaya belajar yang berbeda. Mereka berhak untuk mengembangkan potensinya tanpa membedakan jenis kelamin, kondisi fisik, latar belakang budaya dan sebagainya. Nilai spiritual, cinta, kasih sayang, hormat, kesetaraan adalah nilai-nilai esensial bagi perkembangannya. Mereka harus dipandang sebagai individu yang utuh dan memiliki potensi yang baik, maka dari itu KB-TK Yaa Bunayya sangat memperhatikan seluruh potensi yang ada seperti: potensi spiritual, potensi social, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni sebagai hal yang sama pentingnya untuk dikembangkan. 

B.      VISI
    "Excellent with Integral character"

C.      MISI
1.      Menyelenggarakan pendidikan yang integral sehingga melahirkan generasi yang siap memikul amanah Allah,  cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan global
2.      Berdakwah melalui pendidikan
3.      Mengutamakan kasih sayang dan keteladanan dalam proses pendidikan
4.      Menciptakan lingkungan yang islamiah, ilmiah dan alamiah
5.      Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan menjadi manusia yang berkarakter integral

D.     TARGET OUT PUT SISWA KB-TK YAA BUNAYYA
·         Beraqidah Kuat
·         Cerdas Emosi
·         Berakhlaq mulia
·         Berwawasan Ilmu
·          Sehat fisik dan terampil
·         Kebiasaan yang baik
·         Memiliki kepedulian sosial

E.      KEGIATAN PENUNJANG
Sebagai penunjang pelaksanaan Kurikulum dan membuka wawasan anak agar lebih luas kami juga menyelenggarakan program-program :
1.      Belajar membaca Al Qur’an secara klasikal dan individual. Hafalan surat-surat      pendek, hadits, do’a-do’a harian (kegiatan muroja’ah & hafalan setiap hari).
2.       Rihlah/tadabur alam: kegiatan ini mengajak anak berkunjung ke tempat-tempat yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Dengan kegiatan ini anak dapat belajar (ber-iqro’) secara langsung terhadap kenyataan dan fenomena yang ada.
3.      Perpustakaan: kunjungan ke perpustakaan untuk menstimulus anak suka membaca.
4.      Pengenalan profesi: Orang yang memiliki ketrampilan dan keahlian yang bisa dijadikan sumber belajar.
5.      Bakti sosial: kegiatan yang mengajarkan agar anak suka berbagi dan peka terhadap kondisi sekitarnya.
6.      Praktek wudlu dan sholat: mengenalkan dan mempraktekkan secara rutin cara-cara wudlu dan sholat yang sesuai dengan ajaran Rosulullah.
7.      Ekstra kurikuler: seni lukis, seni tari, seni suara dan musik, gerak dan lagu, olah raga.
8.      Peringatan hari besar islam: mengenalkan hari-hari besar islam agar anak mengatahui dan dapat mengambil hikmahnya.
9.      Pentas seni : Untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri

F.       TUJUAN
Tujuan pendidikan yang diselenggarakan di KB-TK Yaa Bunayya adalah mengantarkan anak sejak dini untuk mengenal dan lebih dekat dengan sang Khalik Allah SWT, serta menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai suri tauladan. Untuk itu sekolah berusaha memberikan anak-anak pendidikan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini serta mengintegrasikan dalam prosesnya dengan nilai-nilai ketuhanan dan membekali dalam kebiasaan sehari-harinya dengan penanaman karakter Islam. 
Pembiasaan hidup islami diajarkan melalui suri tauladan sedangkan Al Qur’an dan Hadits merupakan sumber inspirasi dalam setiap proses pembelajaran.
Menggunakan metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan dengan mengembangkan gaya belajar dan kecerdasan majemuk, anak mendapat pengalaman belajar baik secara mandiri dan berkelompok,di luar dan dildalam ruangan, bebas dan terstruktur, tenang dan aktif, sehingga anak akan berkembang secara utuh. 
Metode pembelajaran yang kami gunakan adalah model Sentra yang terdiri dari 7 Sentra yaitu Sentra Bahan Alam, Sentra Seni, Sentra Main Peran Besar, Sentra Main Peran Kecil, Sentra Imtaq, Sentra Persiapan, Sentra Balok 
Sentra merupakan wadah tempat anak belajar, berasal dari kata “center” yang artinya pusat. Tujuan pembelajaran di Sentra adalah mengorganisasikan dan menginformasikan pengetahuan yang masuk ke otak anak. Jika informasi atau pengetahuan yang diterima anak secara rapi dan teratur maka manfaatnya akan terasa dikemudian hari.
Kegiatan bermain disentra pada anak usia dini dikelompokkan dalam 3 jenis main yaitu: Main sensori motor, Main Peran dan Main Pembangunan (cair dan terstruktur).
Ada 7 Sentra yang dikembangkan di KB-TK Yaa Bunayya : 
1.      Sentra Balok
Di Sentra Balok memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan sistematika berfikir dengan menggunakan media pembangunan terstruktur (balok berbagai bentuk dan ukuran).
Manfaat main di balok :Mempunyai keterampilan bersosialisasi, berkomunikasi, kekuatan dan koordinasi motorik halus dan kasar, konsep matematika dan geometri, pengetahuan pemetaan dan pemikiran simbolik.
2.      Sentra Seni  
Di Sentra Seni memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan untuk menggunakan dan berinteraksi dengan alat dan bahan seni seperti : lem .gunting, krayon, cat dan play dough. Kegiatan di sentra seni antara lain: menggambar, melukis, kolase, mozaik, prakarya dengan barang bekas maupun bahan jadi. 
Manfaat bermain di Sentra seni : mengembangkan motorik halus dan kasar, kemampuan estetik, menghargai karya seni milik sendiri atau orang lain.  
3.      Sentra Main Peran Besar dan Main Peran Kecil   
Di Sentra main peran disebut juga main simbolik, rol play, pura-pura, fantasi, imajinasi, main drama. Kegiatan disentra ini memainkan peran-peran yang ada dimuka bumi yang dekat dengan anak seperti peran ibu, ayah, dokter, binatang , dsbnya.
Manfaat main di sentra ini mendukung anak memiliki kemampuan untuk memisahkan fikiran dari kegiatan dan benda, menahan dorongan hati, kemampuan berfikir obyektif.  
4.      Sentra Imtaq
Di Sentra Imtaq anak diberi kesempatan belajar tentang nilai-nilai, aturan agama, sehingga anak mampu mengembangkan keimanan, ketaqwaan melalui pembiasaan sehari-hari, mengenal dan membangun konsep-konsep Alquran dan Al Hadits. 
Manfaat bermain di sentra Imtaq : Anak dapat berakhlakhul karimah seperti Nabi Muhammad SAW, praktek langsung cara-cara beribadah yang benar, mendapatkan konsep Alqur’an sesuai dengan tahap perkembangannya, belajar awal membaca dan menulis huruf Hijaiyah. 
5.      Sentra Persiapan 
Di Sentra Persiapan anak mendapat kesempatan untuk mengembangkan kognisi, motorik halus dan keaksaraan, intinya di sentra persiapan kegitannya adalah kegiatan dasar menuju kemampuan membaca, menulis, matematika.
Manfaat bermain di sentra persiapan: anak belajar bekerja dan berfikir secara sistematis/berurutan, klasifikasi, konsep dasar membaca dan menulis, bekerja sendiri, berdampingan, bersama dan bekerja sama.
6.      Sentra Bahan Alam
Di Sentra Bahan Alam anak mendapat kesempatan berinteraksi dengan berbagai macam bahan untuk mendukung sensorimotor, self kontrol dan sains. Kegiatan disentra bahan alam banyak menggunakan bahan-bahan cair, seperti air, pasir, biji-bijian tepung terigu. Selain itu ada kegiatan menakar, menuang, mengisi, pengamatan terhadap kejadian sains.
 Manfaat bermain di sentra bahan alam mendukung tahap perkembangan sensorimotor, mendukung tahap perkembangan melukis, belajar tentang sains