Ide-Ide Sederhana untuk Kegiatan di Rumah (Mengenal Posisi Kedudukan Benda Dalam Ruangan)

Cara mengenalkan posisi benda pada anak balita, ide mengenalkan posisi (di dalam, di atas, di luar, di bawah, dll)

Apa kabarnya ayah dan bunda yang dirahmati Allah? Alhamdulillah, Ide sederhana kali ini akan kami share tentang tips mengenalkan konsep Posisi pada ananda. Agar ananda belajar tentang letak atau posisi suatu benda yang ada di sekelilingnya. Bagaimana ya caranya?? Yuk simak Tipsnya: 

Alat : Benda-benda dalam ruangan
Umur : 4-6 tahun
Uraian : Anak diharapkan dapat mengerti dan tahu posisi benda dalam ruangan.


Langkah-langkah Latihan :
  1. Ajaklah anak untuk bermain dalam ruangan yang sudah disiapkan dengan berbagai alat didalamnya (bisa kamar, ruang tamu atau dapur)
  2. Berilah kesempatan pada anak untuk mengamati isi ruangan tersebut atau jika anak masih belum banyak mengenal nama benda-benda yang ada, bisa dikenalkan juga nama benda dengan fungsinya.
  3. Tanyakan pada anak tentang posisi benda dalam ruangan seperti : Gambar/benda apa saja yang ada disebelah kirimu ? (di sebelah kanan, kiri, depan, belakang). Bantulah anak jika mengalami kesulitan. Pertanyaan bisa dikembangkan dengan ditambah jumlah benda, atau benda-benda yang berawalan huruf ....(untuk TK B)
  4. Berikan pengakuan (pujian) setiap jawaban yang anak kemukakan.
  5. Ujilah kembali kemampuan anak tentang posisi benda dalam ruangan tersebut. Dan latihlah kembali untuk ruangan yang lain.

Oleh: Wida Almaidah

Admin KB-TK Yaa Bunayya sby

Author & Editor

Pendidikan Terbaik Melalui Teladan yang baik

0 komentar: