Bermain di Sentra Balok

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Ini yang paling disukai anak2 TK Yaa Bunayya Surabaya setelah di sentra Bahan Alam. Kenapa?
Karena anak bisa berimajinasi membangun, membangun, dan membangun
Di sentra Balok anak-anak belajar dan bermain tentang macam2 bentuk balok, bagaimana membangun balok dengan berbagai macam bentuk dengan kokoh,
Dan dari sini kita bisa mengetahui tahap kemampuan anak dalam bermain di sentra balok.

Mulai dari tahap MEMBAWA, saat anak mengenal pertama kali dengan balok, mereka akan mengeksplorasinya dengan semua panca indra nya (mengamati, menyentuh, membenturkan dg kedua tangannya hingga timbul suaranya)

Tahap MENUMPUK & MENJEJER , biasanya anak akan menumpuk balok (menyusunnya secara vertikal) atau menjejernya (menyusun balok secara horisontal), ini menjadi latihan anak2 dalam penguasaan mental & koordinasi keterampilan.

Tahap MEMBUAT JEMBATAN, dengan menempatkan 2 balok sejajar dan menghubungkan di antara 2 balok dengan 1 balok di atasnya, membentuk lengkungan atau jembatan.

Tahap MEMBUAT RUANG, menjadi tahapan selanjutnya dimana anak sudah menempatkan 4 atau lebih balok utk membuat bentuk ruang seperti kotak terbuka.

Tahap POLA-POLA & SIMETRI, menjadi tahapan lebih tinggi dari tahapan selanjutnya, karena anak mulai memikirkan unsur-unsur dekorasi atau melibatkan bangunan yang simetri yang benar2 seimbang.

Tahap REPRESENTASI AWAL, membuat bangunan menjadi lebih bermaknsa karena anak sudah mulai memberi Nama bangunannya tersebut.

dan Tahap REPRESENTASI LANJUT menjadi tahapan akhir dalam membangun anak di sentra balok, karena anak sudah menyebutkan nama bangunan sebelum mulai, dilanjutkan membangu susunan2 yang dia kenal, da menggunakan struktur dan aksesori/mikroplay kecil untuk menggunakan bangunan tersebut bermain peran.