Cari Sekolah TK Islam, Bekal Kita Di Masa Depan

hidayatullahsby.com--Seolah menjadi tren, kini semakin banyak orang tua cenderung menyekolahkan putra-putrinya lebih awal (early childhood education). Di sisi lain sebenarnya fenomena early childhood education ini cukup menggembirakan mengingat partisipasi pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia tergolong paling rendah se-Asia Tenggara yang disebutkan hanya menjangkau sekitar 25 persen balita.

Partisipasi sebesar 25 persen itupun tidak merata baik secara geografis maupun sosial ekonomi. Tren ini pastinya akan berpengaruh terhadap partisipasi PAUD dan ini bisa menjadi indikasi semakin baiknya kesadaran dan pemahaman orang tua akan pentingnya PAUD sebagai bagian integral dari pendidikan anak.

Sebagaimana dikemukakan oleh banyak pakar psikologi, masa usia dini (0-4 tahun) merupakan periode keemasan (golden age) dalam proses perkembangan anak.

Dr. Benyamin S. Bloom misalnya, penulis buku Stability and Change in Human Characteristics, ini mengemukakan bahwa sekitar 50 persen potensi inteligensi anak sudah terbentuk pada usia 4 tahun dan mencapai 80 persen saat berusia 8 tahun dari total kecerdasan yang akan dicapai pada usia 18 tahun.

Berbagai penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa usia 4 tahun pertama merupakan masa-masa paling menentukan dalam membangun kecerdasan anak dibandingkan masa-masa sesudahnya. Artinya, jika pada usia tersebut anak tidak mendapatkan rangsangan yang maksimal, maka potensi tumbuh kembang anak tidak akan teraktualisasikan secara optimal (Sutaryati, 2006:10).

Dalam konteks yang lebih luas dan jauh ke dapan, PAUD merupakan bentuk investasi strategis untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. PAUD merupakan pondasi masa depan bangsa untuk mencetak SDM unggul dan berkualitas yang akan mewujudkan kemandirian bangsa di kemudian hari. Itulah mengapa banyak negara memberi perhatian besar pada PAUD.

Menyadari akan hal itu, TK Yaa Bunayya yang digarap oleh Hidayatullah di melalui jejaring pesantrennya telah menerapkan sistem pendidikan ideal tersebut. PAUD dan TK Yaa Bunayya merupakan sekolah usia dini integral berbasis Tauhid dengan lingkungan belajar yang aman, nyaman, alami, dan islami.

Dengan menggunakan Kurikulum Integral berbasis Tauhid yakni mengintegrasikan komponen qalbu (ruhani), fikriah (akal), dan jismiah (fisik) dengan mengembangkan domain Estetik, Afeksi, Kognisi, Fisik, Bahasa, Sosial  dalam setiap materi pembelajaran.

Tujuan pendidikan yang di selenggarakan di TK Yaa Bunayya Surabaya adalah mengantarkan anak sejak dini untuk mengenal dan lebih dekat dengan sang Khalik Allah Subhana Wata'ala, serta menjadikan Rasulullah Muhammad Shallallaahu 'Alaihi Wasallam sebagai suri tauladan.

Maka untuk itu sekolah berusaha memberikan anak-anak pendidikan sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini (PAUD) serta mengintegrasikan dalam prosesnya dengan nilai-nilai ketuhanan dan membekali dalam kebiasaan sehari-harinya dengan penanaman karakter Islam.

Metode Pembelajaran yang digunakan Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Efektif Menyenangkan dengan mengembangkan gaya belajar dan kecerdasan majemuk, anak mendapat pengalaman belajar baik secara mandiri dan berkelompok, di luar dan di dalam ruangan, bebas dan terstruktur, tenang dan aktif, sehingga anak akan berkembang secara utuh.

Model pembelajaran menggunakan model sentra (moving class). Sentra yang dikembangkan yakni sentra Imtaq, sentra bermain peran (kecil & besar), Sentra Balok, Sentra  Persiapan, Sentra Seni, Sentra Bahan Alam, dan Sentra Perpustakaan.

Setiap materi yang diberikan disentra disesuaikan dengan tema. Pembiasaan hidup islami diajarkan melalui suri tauladan sedangkan Al Qur’an dan Hadits merupakan sumber inspirasi dalam setiap proses pembelajaran